Friday, January 3, 2014

Nostalgia Mining Dengan CPU

Posting ini bukan mengajak anda untuk melakukan mining Bitcoin dengan menggunakan CPU karena cara ini sudah tidak mungkin dilakukan, tapi yang akan kita coba di sini adalah melakukan mining untuk Crypto Coin jenis lain yang bernama CATCOIN.

Info tentang CatCoin bisa ditemukan di http://catcoins.biz/

Mengapa CatCoin? Karena Crypto Coin ini baru lahir dan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Bitcoin, terutama dalam jumlah maximum supply-nya yang hanya ada 21.000.000 Coin saja. Dan karena usianya yang masih muda, mining CatCoin dengan menggunakan CPU masih bisa dilakukan.

Bagi anda yang baru mengenal dunia Crypro Coin - Dengan melakukan CPU mining terhadap CatCoin ini paling tidak anda akan merasakan nostalgila (eh, nostalgia) saat saat awal kehadiran Bitcoin yang menghebohkan itu.

Peringatan Penting: Proses mining ini membutuhkan proses computing yang cukup besar dari CPU anda, bahasa mudahnya - CPU anda akan dipaksa untuk bekerja keras dalam melakukan kalkulasi matematik terhadap blockchain CatCoin. Masalah yang sering muncul adalah OverHeat (suhu panas) pada CPU komputer anda. Dan biasanya, suhu panas yang berlebihan bisa memperpendek umur si CPU ... Si Komputer lalu jebol alias rusak (duh!)

Ingin mencoba? Bener? Saya sudah kasih peringatan lho!!!! :P

Kalau masih nekad juga, ikuti langkah langkah berikut!

Apa yang anda butuhkan? 
Sebuah komputer dan akses internet!

Lalu ...

Bergabung di CatCoin Mining Pool! Bagi yang belum tahu, Mining Pool adalah tempat berkumpulnya para pelaku mining atau miner untuk menggabungkan proses computing mereka. Klik Di sini untuk bergabung di Mining Pool CatCoin!

Klik menu My Workers! Buat mining worker anda! Beri sembarang password! (gambar http://prntscr.com/2g44gd )

Langkah selanjutnya, download CPU Miner dan Mining Proxy. Simpan di folder khusus pada drive C komputer anda. 

Peringatan: aplikasi CPU Miner akan dianggap berbahaya oleh beberapa aplikasi Anti Virus - ini dikarenakan pada saat awal kehadiran Bitcoin, ada seorang hacker iseng menanamkan trojan pada aplikasi CPU Miner dengan tujuan 'memperbudak' sistem komputer orang lain melakukan Bitcoin mining untuk sang hacker. Saya mengarahkan anda untuk mendownload dua aplikasi ini dari sumber aslinya, jika anda tidak percaya dengan saya ada baiknya STOP membaca dan jangan meneruskan percobaan ini!

Buka dua jendela Command Prompt dan arahkan keduanya ke folder di mana anda menyimpan File CPU Miner dan Mining Proxy

Jika anda mendaftar di mining pool yang disebutkan di atas, berikut command line yang harus anda ketikkan atau copy paste pada masing masing jendela command prompt

#1 command line pertama untuk menghubungkan komputer anda ke mining pool

mining_proxy.exe -ocat.poolerino.com -p3336

gambar penampakan: http://prntscr.com/2g3tfg

#2 command line kedua untuk proses mining

minerd -ohttp://localhost:8332 -upoollogin.workername -pWorkerPassword -t1

contoh milik saya
minerd -ohttp://localhost:8332 -ukucinghitam.meong -p123 -t1

gambar penampakan: http://prntscr.com/2g3u5p

kucinghitam adalah username atau pool login, meong adalah nama worker, 123 adalah password worker! Hanya ini yang harus disesuaikan dengan data akun mining anda sendiri, abaikan yang lainnya.

Start Mining!!!!

Jalankan #1 Command line pertama sampai muncul tulisan seperti contoh berikut "2014-01-03 18:56:26,796 INFO proxy client_service.handle_event # New job 1501 for prevhash 8b20d3ed, clean_jobs=True"

Lalu jalankan #2 Command line kedua

Berikut penampakan dua jendela command prompt ketika proses mining sedang berjalan! http://prntscr.com/2g3wpb

Jika anda berhasil mendapatkan bagian (Share) dari proses mining akan muncul tulisan "[2014-01-03 19:07:38] accepted: 1/1 (100.00%), 2.31 khash/s (yay!!!)"

gambar penampakan mendapatkan share: http://prntscr.com/2g3x8b

Anda bisa mengetahui berapa banyak coin (CatCoin) yang didapat pada halaman dashboard mining pool anda!

Catatan:

Besar kecilnya computing proses pada proses mining ditunjukkan dengan Khash/s atau Mhash/s - yang besar kecilnya ditentukan oleh kecanggihan CPU yang anda miliki. Jumlah shares yang bisa anda dapatkan tergantung berapa lama anda online untuk melakukan mining dan juga ditentukan oleh seberapa besar Hash yang anda sumbangkan kepada Mining Pool!

Dalam contoh gambar yang ada di atas .. saya menggunakan NETBOOK jadul yang sudah jebol LCD nya sodara sodara! Sebuah netbook generasi pertama dengan prosesor CPU Intel Atom! Sudah lama saya meninggalkan dan tidak melakukan aktifitas mining dengan komputer pribadi, saya lebih memilih melakukannya dengan cloud mining (membeli hash dari penyedia jasa mining)



Catatan Lebih Penting: 
Jangan lakukan aktifitas mining dengan menggunakan CPU koomputer yang anda pergunakan untuk kepentingan tugas sehari hari, karena resiko kerusakan hardware yang telah disebutkan di atas! Posting ini hanya untuk percobaan saja! Bukan untuk aktifitas mining harian!

Walaupun usia CatCoin masih terbilang muda, proses mining dengan CPU ini dianjurkan untuk tidak dilakukan. Untuk lebih efektif, mining bisa dilakukan dengan menggunakan GPU alias Graphic Prosessing Unit atau Video Card yang ada di dalam komputer anda, karena Hash rate yang dihasilkan akan lebih besar .. tapi resikonya yang tetap sama saja ... Overheat!!!

Catatan Terakhir:

Plus seiring perjalanan waktu, kebutuhan hash rate akan semakin besar sehingga tidak mampu lagi ditangani oleh CPU dan juga GPU yang anda miliki


Oh iya?

Bagaimana caranya melakukan mining dengan GPU? Nah! Untuk itu silahkan anda cari sendiri .. caranya hampir mirip tapi membutuhkan aplikasi mining yang berbeda.

-----------------

Selain untuk mining CatCoin, cara ini juga bisa dilakukan untuk Crypto Coin lainnya ... silahkan coba untuk mining DogeCoin. Info alamat mining pool beserta command line untuk mining bisa ditemukan di

http://doge.poolerino.com

------

#Sekian
Menerima Donasi Bitcoin
1GiftSPZQ3h76YSiG9SDHWw4qd4FyTWuba

Related Posts

Nostalgia Mining Dengan CPU
4/ 5
Oleh