Tuesday, December 17, 2013

Menambang BitCoin - BitCoin Mining

Banyak orang datang web, blog atau group diskusi hanya untuk bertanya "Bagaimana caranya menambang BitCoin atau melakukan BitCoin Mining" - fenomena meroketnya harga bitcoin beberapa waktu lalu seolah menjadi 'demam emas' digital, banyak orang kemudian berbondong bondong ingin juga mendapatkan bitcoin dengan cara menambangnya.

Apa sih yang dimaksud dengan BitCoin Mining itu? 

Menurut BITCOIN.ORG "Bitcoin mining is the process of making computer hardware do mathematical calculations for the Bitcoin network to confirm transactions and increase security. As a reward for their services, Bitcoin miners can collect transaction fees for the transactions they confirm, along with newly created bitcoins. Mining is a specialized and competitive market where the rewards are divided up according to how much calculation is done. Not all Bitcoin users do Bitcoin mining, and it is not an easy way to make money."

Bahasa Indonesianya - 

Bitcoin mining adalah sebuah proses yang dilakukan dalam sebuah hardware komputer untuk melakukan proses data mining, kalkulasi matematik terhadap jaringan Bitcoin, tujuan dari proses ini adalah untuk melakukan konfirmasi transaksi sekaligus meningkatkan keamanan jaringan bitcoin itu sendiri. 

Mereka yang melakukan proses mining ini disebut dengan miner atau penambang, hardware yang mereka gunakan sering disebut dengan istilah mining rigs. Para miner mendapat imbalan untuk setiap transaksi yang diproses dan dikonfirmasi olehnya - plus juga akan mendapatkan bitcoin apabila dia berhasil memecahkan kode block yang sedang dikerjakannya.

BitCoin mining bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah dan juga tidak murah! Hardware khusus dibutuhkan untuk proses ini, akses internet yang online 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dibutuhkan agar tetap terhubung dengan jaringan BitCoin plus ... biaya listrik untuk mengoperasikan hardware mining (mining rig) juga harus diperhitungkan.

Apakah mudah untuk mendapatkan BitCoin dengan cara menambangnya? Jawabannya adalah TIDAK! Tingkat kesulitan kalkulasi matematik yang terjadi di dalam jaringan BitCoin semakin lama semakin tinggi tingkatannya. Untuk menemukan sebuah block baru yang berisi BitCoin sudah semakin sulit dan tidak mungkin dilakukan sendirian atau solo mining, agar bisa mendapatkan sebuah block baru yang berisi BitCoin - para miner menggabungkan mining rig milik mereka dalam sebuah pool (asosiasi miner) untuk kemudian mengerjakan kalkulasinya bersama sama - konsekuensi - bitcoin yang ditemukan akan dibagi kepada para anggota pool sesuai dengan besar kecil kekuatan computing yang disumbangkan kepada asosiasi pool.

--

Untuk selanjutnya silahkan anda melakukan pembelajaran kepada diri sendiri dengan cara mencari informasi tentang ...
  • CPU BITCOIN MINING
  • GPU BITCOIN MINING
  • BITCOIN MINING POOL
Tujuan dari proses pembelajaran ini adalah agar anda tidak membabi buta untuk terjun ke dalam industri BitCoin Mining. Karena faktanya, Seiring dengan semakin tinggi tingkat kesulitan proses computing di dalam jaringan BitCoin, maka kegiatan mining bukanlah sebuah industri atau bisnis yang menguntungkan ....


--
Menerima Donasi Bitcoin
1GiftSPZQ3h76YSiG9SDHWw4qd4FyTWuba

Related Posts

Menambang BitCoin - BitCoin Mining
4/ 5
Oleh