Wednesday, December 18, 2013

BitCoin Wallet Atau Dompet BitCoin Anda

Anda membutuhkan sebuah dompet bitcoin atau BitCoin Wallet untuk mengirim dan menerima bitcoin.

Ada dua tipe dompet yang umum digunakan oleh para pengguna BitCoin:

BitCoin Wallet versi Online - menggunakan jasa pengelola pihak ketiga. Artinya - data wallet anda akan tersimpan di server mereka. Resiko yang bisa terjadi adalah rusaknya database server mereka yang menyebabkan kehilangan akses ke wallet dan juga bitcoin simpanan anda. Pilihlah jasa pengelola BitCoin Wallet yang juga memberikan pilihan untuk sewaktu waktus ecara rutin bisa melakukan backup pribadi di mana anda bisa menyimpan data wallet di media penyimpanan lain - sehingga bila sewaktu waktu terjadi kerusakan pada server pengelola anda bisa memindahkan/import wallet anda ke pengelola wallet lain atau ke aplikasi klien BitCoin yang terinstall di komputer anda sendiri.

BitCoin Wallet versi Online yang direkomendasikan - BLOCKCHAIN dan COINBASE


BitCoin Wallet versi Software - anda harus mendownload dan install aplikasi client BitCoin Wallet. Di sini anda akan bertanggung jawab penuh dalam hal pengamanan dan juga backup data. Karena data wallet anda akan tersimpan di dalam komputer milik anda sendiri, maka resiko kehilangan pun bisa terjadi ketika sistem komputer dan media penyimpanannya (hard disk) mengalami kerusakan. Saran, secara ruitn lakukan backup dan simpan file backup wallet anda di media penyimpanan lain.

Menggunakan BitCoin Wallet versi software akan dirasa menyulitkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi informasi - bahasa mudahnya aplikasi ini akan lebih mudah dipahami hanya oleh mereka yang biasa berkutat dengan sistem komputer dan hardware. Selain itu proses sinkronisasi antara BitCoin wallet versi software dengan jaringan BitCoin mutlak dibutuhkan, dan terkadang proses sinkronisasi ini memakan waktu lama karena besarnya ukuran database yang harus diproses.

Rekomendasi BitCoin Wallet versi Software:

BitCoin QT (aplikasi resmi open source bitcoin) - membutuhkan waktu lama untuk proses sinkronisasi pada awal penggunaan

MultiBit - aplikasi ringan dan tidak membutuhkan proses sinkronisasi, hanya saja database wallet anda akan tersimpan di dalam jaringan BitCoin di mana anda bukanlah sebagai pengelola penuh. Resiko kehilangan wallet bisa terjadi, lakukanlah backup secara rutin untuk meminimalkan resiko.



--
Menerima Donasi BitCoin
1GiftSPZQ3h76YSiG9SDHWw4qd4FyTWuba

Related Posts

BitCoin Wallet Atau Dompet BitCoin Anda
4/ 5
Oleh